0


Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dll.


Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktek manajemen yang mempengaruhi secara langsung sumber daya manusianya.

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau Human Resource Department. Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.

Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya.

HRCentro Komunitas Sumber Daya Manusia Indonesia merupakan situs SDM Indonesia yang menyediakan beberapa fasilitas, diantaranya adalah konsultasi, sharing, training dan pengetahuan yang seluruhnya terkait dengan perihal Sumber Daya Manusia. HRCentro juga mengajak teman-teman yang suka menulis untuk ikut meramaikan situs HRCentro dengan berbagi kiat, tips dan lain sebagainya, agar kualitas SDM Indonesia semakin baik dan berkualitas di masa yang akan datang.

HRCentro Komunitas Sumber Daya Manusia Indonesia Ditujukan untuk dapat mengenali keberadaan manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam memberikan kontribusi pada pencapaian efektivitas organisasi. Walaupun secara formal suatu departemen sumber daya manusia diciptakan untuk dapat membantu para manajer, namun demikian para manajer tetap bertanggung jawab terhadap kinerja karyawan. Departemen sumber daya manusia membantu para manajer dalam menangani hal-hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia.

Selain itu HRCentro komunitas sumber daya manusia Indonesia juga berperan aktif sebagai sumber infomatif terpercaya terhadap pengelolaan dan pengembangan Human Resources untuk memberikan kemudahan bagi industri, perusahaan, organisasi dan lembaga swasta lainnya dalam pemberian reward terhadap penyelenggaraan SDM yang sesuai dengan kontribusinya. Dengan hadirnya HRCentro komunitas SDM Indonesia, informasi terupdate mengenai perkembangan SDM, informasi pelatihan, tips pengembangan SDM dan Daftar Upah Minimum Regional (UMR) Indonesia Tahun 2015 yang telah disesuaikan dan disepakati dapat dijadikan referensi oleh pihak - pihak yang berkepentingan.

HRCentro Indonesia HR Community juga menyediakan beberapa program layanan lainnya, misalnya seperti :

HR Clinic berfungsi sebagai media konsultasi dengan para Pakar HR.
HR Sharing berfungsi sebagai media berbagi pengalaman dan pengelolaan SDM.
HR Training berfungsi sebagai tempat pelatihan yang disediakan oleh pihak HRCentro.
HR Reference berfungsi sebagai tempat menimba ilmu dasar - dasar mengenai pengelolaan HR.
Semua program di atas hanya dapat anda lakukan jika telah melakukan pendaftaran dan terdaftar sebagai member di HRCentro. Keempat layanan ini juga bisa dinikmati sesuai dengan jenjang level member yang sudah ditetapkan melalui sistem jumlah poin berdasarkan banyaknya artikel pengetahuan/pengalaman yang mereka bagikan dalam bentuk artikel di website HRCentro. Semakin banyak artikel sharing maka semakin banyak pula poin reward yang akan dikumpulkan.

Dikirim pada 30 September 2015 di Uncategories
Awal « 1 » Akhir
Profile

“ Haji/Hajjah areaseoku ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 27.909 kali


connect with ABATASA