0
Dikirim pada 01 November 2015 di Uncategories

Era Global saat ini sungguh penuh dengan berbagai persaingan HRCentro Komunitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang begitu ketat dari berbagai bidang di dalamnya. Persaingan itu tidak lepas dari semua unsur kebutuhan manusia yang selalu berkembang setiap detiknya. Disini sangatlah jelas harus adanya upaya reformasi untuk sebuah perubahan yang dapat menjawab semua tantangan perkembangan era global, terlebih bagi Indonesia wajib untuk melakukannya.

Era Glogal abad 21 ini sungguh memiliki banyak tantangan yang harus siap dan sigap dilakukan oleh seluruh manusia untuk bisa berbenah diri dalam peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) di dalamnya, termasuk pula ada upaya meningkatan kualitas dan kuantitas ekonomi.

HRCentro Komunitas Sumber Daya Manusia Indonesia-SDM merupakan salah satu faktor kunci dalam reformasi ekonomi, yakni bagaimana menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global yang selama ini kita abaikan. Dalam kaitan tersebut setidaknya ada dua hal penting menyangkut kondisi SDM Indonesia, yaitu:

1. Pengangguran
2. Kurangnya lapangan pekerjaan

Kedua masalah tersebut menunjukkan bahwa ada kesulitan dalam kesempatan kerja dan banyaknya pengangguran. Lesunya dunia usaha dikarenakan krisis ekonomi yang berkepanjangan sampai saat ini, sehingga mengakibatkan rendahnya kesempatan kerja terutama bagi lulusan perguruan tinggi. Sementara di sisi lain jumlah lulusan perguruan tinggi yang siap bekerja terus meningkat. Kesempatan kerja yang terbatas bagi lulusan perguruan tinggi ini menimbulkan dampak semakin banyak angka pengangguran sarjana di Indonesia.

Fenomena meningkatnya angka pengangguran sarjana perguruan tinggi ikut bertanggung jawab. Fenomena penganguran sarjana merupakan kritik bagi perguruan tinggi, karena ketidak mampuannya dalam menciptakan iklim pendidikan yang mendukung kemampuan wirausaha mahasiswa.

Kenyataan ini belum menjadi kesadaran bagi pemerintah untuk memperbaiki kesalahan pada masa lalu. Ini menunjukkan bahwa belum ada perhatian serius dari pemerintah pusat terhadap perbaikan kualitas HRCentro Komunitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Padahal sudah saatnya pemerintah baik pusat maupun daerah secara serius membangun SDM yang berkualitas.

Ekonomi abad ke-21, yang ditandai dengan globalisasi ekonomi merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi yang sudah pasti dihadapi oleh bangsa Indonesia menuntut adanya efisiensi dan daya saing dalam dunia usaha.

Masalah daya saing dalam pasar dunia yang semakin terbuka merupakan isu kunci dan tantangan yang tidak ringan. Tanpa dibekali kemampuan dan keunggulan saing yang tinggi akan menyebabkan produk suatu negara, termasuk produk Indonesia tidak akan mampu menembus pasar internasional. Pada era reformasi ini, alokasi SDM masih belum mampu memprediksi kecenderungan terciptanya konsentrasi ekonomi yang memang telah tercipta sejak pemerintahan masa lalu. Sementara di sisi lain Indonesia memiliki kekurangan di berbagai bidang keahlian untuk mengisi berbagai tuntutan globalisasi termasuk mengatasi masalah SDM, yaitu pengangguran.



Dikirim pada 01 November 2015 di Uncategories
comments powered by Disqus
Profile

“ Haji/Hajjah areaseoku ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 40.942 kali


connect with ABATASA